Poltana Mapena Gandeng BRI Fasilitasi Pembibitan dan Pembinaan Atlet di Tuban

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, menyatakan bahwa Keolahragaan nasional bertujuan memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan nilai moral dan akhlak mulia, sportivitas, disiplin, mempererat dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, memperkukuh ketahanan nasional, serta mengangkat harkat, martabat, dan kehormatan bangsa. Politeknik Pertanian dan Peternakan (Poltana) Mapena sebagai intitusi perguruan tinggi vokasi yang ada di Wilayah Tuban, Jawa Timur ikut dalam mendukung dan mensukseskan Sistem Keolahragaan Nasional.

Beberapa tantangan yang dihadapi dalam pembinaan Keolahragaan Nasional adalah Belum optimalnya pembinaan atlet usia dini di sekolah atau perguruan tinggi, Putusnya mata rantai pembinaan setelah lulus sekolah atau perguruan tinggi memasuki usia senior, Manajemen pengelolaan kompetisi olahraga, pembinaan klub dan sentra olahraga serta Keterbatasan sarana/ prasarana dan sentra olahraga. Melalui tantangan tersebut Poltana Mapena menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membuat proyek perubahan dalam rangka meningkatnya kinerja pembibitan dan pengembangan prestasi olahraga di Tuban dan Jawa Timur pada umumnya.

Jumat, 24 Desember 2021 Kepala Cabang Pembantu BRI Jatirogo menyerahkan bantuan untuk pembangunan fasilitas dan sarana prasarana olahraga di Poltana Mapena. "Hal ini merupakan bentuk dukungan BRI dalam pengembangan prestasi olahraga. Tujuannya, akan bermuara pada terwujudnya wadah pembinaan olahraga prestasi yang sistematis dalam pembangunan olahraga di Tuban dan Jawa Timur pada umumnya," kata Direktur Poltana Mapena, drh. Ali Saifudin, M.Sc. disela acara penyerahan bantuan oleh BRI di kawasan GOR Mapena Jaya.

Ali Saifudin juga menegaskan di Poltana Mapena ada unit kegiatan mahasiswa (UKM) olahraga yang mewadahi pembibitan dan pembinaan olahraga prestasi, beberapa atlet badminton, voli, pencak silat serta futsal ada disana. Salah satu atlet Poltana Mapena berhasil mendapatkan Juara II tunggal putri pada Battle Badminton Championship dalam rangka peringatan Hari Jadi Tuban yang ke-728 baru-baru ini.

“Bank BRI berkomitmen untuk mendukung pembibitan dan pembinaan atlet-atlet terbaik Indonesia, salah satunya adalah melalui bantuan ini,” ungkap Kepala Cabang Pembantu BRI Jatirogo, Arif Rahman Hakim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *