Prakerin Poltana Mapena di tengah Pandemi

Mapena News – Prakerin Poltana Mapena di tengah Pandemi?

Pandemi Covid tidak menyurutkan semangat mahasiswa Politeknik Pertanian dan Peternakan Mapena Tuban untuk tetap melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin). Sebanyak 23 mahasiswa semester 5, pada hari Sabtu 6 Februari 2021 telah dilepas secara resmi oleh Direktur Poltana Mapena, drh. Ali Saifudin, M.Sc., untuk melaksanakan Prakerin. Sebanyak 23 mahasiswa dari program studi Agribisnis, Budi Daya Tanaman Hortikultura dan Budi Daya Ternak tersebut tersebar di 11 perusahaan yang berada di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Program kegiatan Prakerin ini sendiri merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ada di Poltana Mapena dan dibebankan sebanyak 4 sks yang seharusnya dilaksanakan di akhir semester 4 (empat). Namun, terkendala oleh pandemic Covid yang sedang sangat marak, maka dengan berbagai pertimbangan dan juga hasil kuesioner mahasiswa, maka Prakerin diputuskan untuk dilaksanakan pada akhir semester 5 (lima).

Kondisi pandemi yang tak kunjung berakhir mendorong pihak Kampus Poltana Mapena untuk mempertimbangkan pelaksanaan Prakerin. Dengan berbagai pertimbangan, maka pada akhirnya diputuskan Prakerin tetap  dilaksanakan dan dengan mematuhi protocol Kesehatan pencegahan Covid-19. Ketua Panitia Prakerin Poltana Mapena, Wenny Amaliah, S.T.P., M.Si., mengatakan ada beberapa perusahaan yang ditempati mahasiswa untuk Prakerin memberikan syarat kepada mahasiswa harus memiliki surat sehat atau negative Covid-19 dengan melakukan tes rapid antigen sebelum memulai Prakerin. “Ya, bagaimana lagi, kalau memang perusahaan memberikan syarat seperti itu, dan mahasiswa menyanggupi, maka kami pun akan mendukung, dan itu sangat baik, demi kenyamanan bersama”, ujarnya.

Prakerin ini merupakan salah satu program yang bersinergi dengan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yakni program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Dengan mengikuti kegiatan Prakerin, maka mahasiswa dapat belajar di tempat yang baru, dengan lingkungan dan kondisi yang berbeda dari kampus. Direktur Poltana Mapena pun mengungkapkan harapannya kepada mahasiswa untuk banyak mengambil pelajaran selama Prakerin. (mamal.red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *