Pelepasan PPL Poltana Mapena

Sinergitas Poltana Mapena dengan Pemerintah Desa Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan tahapan penting bagi setiap mahasiswa, begitu juga mahasiswa Politeknik Pertanin dan Peternakan Mapena Tuban (Poltana Mapena). Proses pembelajaran ini dikembangkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara terencana, terprogram, dan terbimbing oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) serta bersifat interdisipliner. Setiap tahun, Poltana Mapena menurunkan seluruh mahasiswa semester 5 untuk mengikuti PPL di beberapa tempat. Tahun ini, PPL Poltana Mapena diadakan pada tiga tempat yakni Desa Jetak kecamatan Montong, Desa Tingkis Kecamatan Singgahan, dan Desa Kumpulrejo Kecamatan Bangilan. Seluruh mahasiswa yang mengikuti PPL dibagi menjadi 3 kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari tiga program studi yang ada di Poltana Mapena, yakni Budi Daya Tanaman Hortikultura, Agribisnis dan Budi Daya Ternak.
Sabtu, 1 Februari 2020 bertempat di Rumah Joglo Bakalan, sebanyak 22 mahasiswa yang mengikuti PPL telah dilepas oleh Direktur Poltana Mapena Ali Saifudin, drh., M.Sc. Acara pelepasan tersebut juga dihadiri oleh beberapa Kepala Desa dan Camat Kecamatan yang bersangkutan atau perwakilannya. Pelepasan PPL berlangsung cukup khidmad dan terasa kebersamaan yang terjalin antara mahasiswa, dosen dan tamu undangan dari pihak Desa tujuan PPL 2020 yang dipanitiai oleh mahasiswa tingkat satu dibimbing langsung oleh pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakan (LPPM) sebagai pelaksana PPL 2020. Acara pelepasan ditutup dengan foto bersama seluruh civitas akademika Poltana Mapenda beserta tamu undangan yang hadir.

PPL tahun ini sengaja diadakan di beberapa lokasi yang tidak jauh dari kampus dengan tema “Membangun sinergitas antara pemerintah daerah dan Poltana Mapena untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa”. Pengambilan lokasi dan tema tersebut diharapkan masyarakat sekitar kampus dapat merasakan keberadaan kampus Poltana Mapena yang masih baru ini melalui program-program kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa PPL dibawah naungan LPPM Poltana Mapena. Salanjutnya, program-program pada kegiatan PPL ini dapat dilanjutkan ke tahap yang lebih lanjut lagi dan dapat melebar ke berbagai penjuru Kabupaten Tuban dan sekitarnya. (mamal.Ny, 1/2/2020)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *