Mengabdi Untuk Negeri, Mahasiswa D3 Vokasi Program Studi Budi Daya Ternak POLTANA Mapena Bagi-Bagi Produk Inovasi Pupuk Kandang

Mapena News – Sabtu, 7 November 2021 mahasiswa program studi Budi Daya Ternak (BTK) POLTANA Mapena melalui Himpunan Mahasiswa membagikan 100 pack pupuk kandang Super Growth M5 kepada masyarakat Desa Sidodadi Kecamatan Bangilan Tuban. Kegiatan tersebut disambut dengan baik oleh Kepala Desa dan warga sekitar.  Program Studi D3 Budi Daya Ternak memiliki visi Menjadi “pusat unggulan” pendidikan vokasi professional di bidang peternakan yang menghasilkan lulusan yang bermoral, terampil dan kompetitif. Sebagai program studi dibawah perguruan tinggi vokasi, PRODI BTK selalu mendorong mahasiswa agar dapat memiliki keahlian sesuai kebutuhan industri serta memiliki ketrampilan dalam menciptakan produk tepat guna sebagai bekal dasar wirausaha muda di bidang peternakan. Salah satu produk tepat guna yang telah dihasilkan adalah pupuk Super Growth M5.

Produk Super Growth M5 saat ini masih diproduksi, dipakai oleh kalangan sendiri dan tidak diperjualbelikan. Produk ini dibuat didasari oleh keprihatinan terhadap lingkungan yang saat ini sudah tercemar oleh limbah khususnya limbah peternakan. Prinsip dan metode yang digunakan dalam pembuatan Super Growth M5 terintegrasi langsung dengan materi perkuliahan mahasiswa di mata kuliah penangan dan pengolahan limbah dan hasil ikutan ternak. Produk tersebut dibuat berdasarkan literatur jurnal terapan, uji coba dan perbandingan ketika digunakan. Selain membuat produk, mahasiswa juga melakukan analisa kelayakan usaha jika produk tersebut akan dikomersilkan menjadi produk usaha. Dari hal tersebut, mahasiswa telah memahami proses produksi yang sesuai dengan standard an menghasilka produk yang berkualitas serta dalam merancang usaha melalui pembelajaran analisa usaha di bidang peternakan khususunya pupuk kandang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *