Kinerja Penelitian Naik, Klaster Mapena Naik dari Binaan ke Madya

Tuban – Politeknik Pertanian dan Peternakan Mapena menorehkan hasil baik dari hasil kinerja dan keaktifan tenaga ajar mereka dalam membuat jurnal ilmiah selama tiga tahun terakhir.

Dari peringkat perguruan tinggi berbasis kinerja penelitian yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Mapena naik klaster dari Binaan ke Madya peringkat 495 dari 1977.

Meskipun demikian ini menjadi capaian karena membuktikan adanya peningkatan partisipasi penelitian dari dosen di Mapena serta perbaikan dalam hal kualitas penelitian.

Saat ini dari jumlah dosen yang ada di Mapena sekitar 75 persen dinilai telah berpartisipasi aktif dalam hal penelitian.

Pengaruh positif dari capaian klaster Madya ini yakni terbuka peluang peningkatan jumlah penelitian dosen yang biasanya dua menjadi tiga dan empat penelitian. Tentunya dengan peluang besar ini juga akan meningkatkan besaran dana penelitian.

Nantinya penelitian tidak sebatas penelitian dosen pemula namun dapat memasuki penelitian desentralisasi sehingga penelitian unggulan cukup terbuka dapat diikuti.

Tentu tantangannya ke depan bagi LPPM yakni menyiapkan sumber daya peneliti dari dosen dan didorong untuk menyelenggarakan penelitian yang lebih berkualitas.

Di samping itu juga penelitian dosen akan didorong menghasilkan jurnal yang terakreditasi dan seterusnya terindeks nasional serta puncaknya terindeks Scopus.

Raihan klaster madya juga akan mendukung upaya MAPENA dalam re-akreditasi, harapannya nilai akreditasi mendatang dapat A. Namun apabila masih di klaster binaan tentu harapan tersebut akan sulit terwujud.

Ditambah dengan keinginan kuat dan kreativitas dosen untuk meneliti, bukan tidak mungkin klaster saat ini dapat meningkat lagi menjadi utama bahkan mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *